Kamis, 21 April 2011

Perang Dunia I


Perang Dunia I atau Perang Dunia Pertama adalah perang yang berlangsung selama 4 tahun, dari tahun 1914 sampai tahun 1918. Perang ini mengambil tempat di daratan Eropa. Lebih dari 40 juta orang tewas dalam perang ini, termasuk 20 juta militer dan sipil. Penyebab dari pecahnya Perang Dunia I sendiri adalah dibunuhnya putra mahkota Austria, Franz Ferdinand oleh organisasi teroris Black Hand yang dipimpin oleh Gavrillo Princip di Sarajevo. Perang ini adalah perang pertama yang menggunakan senjata kimia, bom udara terhadap warga sipil, dan banyak pembunuhan massal berskala besar. Empat dinasti yaitu Habsburg, Romanov, Ottoman dan Hohenzollern, yang mempunyai akar kekuasaan hingga zaman Perang Salib, seluruhnya runtuh setelah perang. 

 Franz Ferdinand

Perang Dunia I menjadi saat pecahnya orde dunia lama, menandai berakhirnya monarki absolutisme di Eropa. Ia juga menjadi pemicu Revolusi Rusia, yang akan menginspirasi revolusi lainnya di negara lainnya seperti Tiongkok dan Kuba, dan akan menjadi basis bagi Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Kekalahan Jerman dalam perang ini dan kegagalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang masih menggantung yang telah menjadi sebab terjadinya Perang Dunia I akan menjadi dasar kebangkitan Nazi, dan dengan itu pecahnya Perang Dunia II pada 1939. Ia juga menjadi dasar bagi peperangan bentuk baru yang sangat bergantung kepada teknologi, dan akan melibatkan non-militer dalam perang seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I ini adalah Austria-Hungaria, Jerman, Kekaisaran Ottoman Turki dan Bulgaria yang tergabung dalam Blok Sentral. Sementara negara-negara yang termasuk dalam Blok Sekutu adalah Russia, Inggris, Prancis, Italia, Kanada dan Amerika Serikat. Perang ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, terutama aspek politik di Eropa seperti pecahnya Revolusi Bolsheviks (komunis) Rusia, runtuhnya sistem pemerintahan monarki di Eropa dan berdirinya Partai Nazi sebagai reaksi penentangan terhadap Revolusi Bolsheviks. Akhirnya perang ini diakhiri dengan kekalahan Blok Sentral dan Jerman harus menandatangani Perjanjian Versailles dengan Prancis yang sangat merugikan dan menghina Jerman. Suatu hari, Perjanjian ini akan menjadi bumerang terhadap Prancis.

Tentara Inggris dalam Perang Dunia I

Jadi bisa disimpulkan, penyebab pecahnya Perang Dunia I adalah dibunuhnya putra mahkota Austria, Franz Ferdinand oleh kelompok teroris di Sarajevo. Perang ini melibatkan dua blok, yaitu Blok Sentral yang beranggotakan Jerman, Austria dan sekutunya melawan Blok Sekutu yang beranggotakan  Inggris, Prancis dan sekutunya. Perang ini berakhir dengan pernyataan menyerah Jerman. Perlu diketahui, Jerman kalah dalam perang ini bukan karena kalah secara kekuatan fisik dan militer melainkan pernyataan kalah Jerman yang dikeluarkan oleh pemerintahan Jerman secara tiba-tiba. Tentu hal ini sangat membuat geram dan malu warga Jerman serta tentaranya yang masih berada di dalam wilayah Prancis. Belakangan diketahui bahwa ini merupakan konspirasi antara kaum Yahudi dengan kelompok Komunis. Hal ini kemudian menimbulkan sikap Anti-Semit (yaitu sikap anti-Yahudi) dan anti-Komunis di kalangan masyarakat Jerman yang kemudian menyebabkan munculnya Nazi di Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar