Kamis, 21 April 2011

Definisi Nazi Jerman


Apa sebenarnya Nazi Jerman? Banyak orang yang masih bingung dengan pertanyaan ini. Mayoritas masyarakat Indonesia menganggap Nazi Jerman sebagai 'pasukan tempur Hitler yang bertujuan menguasai Eropa'. Oke itu salah, gue akan menjabarkan pengertian dari Nazi Jerman menurut pendapat gue pribadi.

Partai Kecil
Nazi yang merupakan kepanjangan dari National Sozialistische Deutsch Arbeiter Partei (Partai Pekerja Nasionalis Sosialis Jerman) adalah sebuah partai yang pernah berjaya dan memimpin pemerintahan Jerman dari tahun 1933 sampai kekalahan Jerman pada Perang Dunia II di tahun 1945. Partai Nazi awalnya adalah sebuah partai kecil yang bernama Deutsch Arbeiter Partei (Partai Pekerja Jerman) dan didirikan pada tahun 1919 oleh seorang tukang kunci bernama Anton Drexler dan berbasis di München. Partai ini dibentuk sebagai reaksi masyarakat & veteran perang Jerman yang menentang Perjanjian Versailles yang dianggap sangat merugikan & menghina Jerman.

Ideologi Perang
Ideologi adalah suatu paham atau keyakinan yang dipegang sebagai prinsip dalam bertindak. Dalam hal ini, ideologi yang dianut oleh partai Nazi adalah Naziisme; yaitu ideologi campuran antara nasionalisme dan fasisme. Nasionalisme sendiri adalah paham yang menjunjung tinggi negara diatas segalanya. Sementara yang dimaksud dengan fasisme adalah paham yang menganggap bahwa rakyat tidak perlu banyak ikut campur dalam pemerintahan; cukup para nasionalis dan kaum intelek saja yang menjabat sebagai pejabat pemerintah. Negara hukumnya mengekang, mendidik, dan melindungi rakyat dari pengaruh negatif dari luar. Kesimpulannya, tujuan dari partai Nazi adalah untuk melindungi rakyat Jerman, yaitu dengan cara mendidik dan memantau setiap gerak-gerik rakyatnya agar tidak ada sedikitpun celah untuk ideologi Komunis tumbuh di Jerman.

Pemimpin Baru
Partai DAP (Deutsch Arbeiter Partei) ini tidak banyak berkembang sampai masuknya anggota baru - seorang Kopral veteran Perang Dunia I - Adolf Hitler. Hitler memutuskan bergabung dengan partai kecil itu dan langsung menjabat sebagai Ketua Partai beberapa bulan setelahnya. Dibawah kepemimpinannya, partai DAP segera mengubah namanya menjadi NSDAP (National Sozialistiche Deutsch Arbeiter Partei) atau disingkat dengan Nazi. Dengan ciri khas memimpinnya yang tegas dan pidatonya yang lantang, partai Nazi langsung dikenal sebagian besar masyarakat Jerman dan berhasil mendapat banyak suara pada Pemilu dan menjadikan Hitler sebagai Kanselir Jerman pada tanggal 30 Januari 1933. Sementara pada tanggal 2 Agustus 1934 Presiden Jerman, Paul von Hindenburg meninggal dalam usia 87 tahun; Hitler menggabungkan jabatan Kanselir nya dengan Presiden dan menjadikan dirinya sebagai Führer (pemimpin tanpa banding).


Jadi kesimpulannya, Nazi bukanlah suatu angkatan bersenjata atau pasukan tempur Hitler. Nazi adalah sebuah Partai yang pernah berkuasa di Jerman pada tahun 1933 - 1945 dengan Adolf Hitler sebagai pemimpin absolutnya.

3 komentar: